7.3.13

Keyboard Asus EEE PC 1015 bermasalah

Beberapa hari yang lalu netbook saya (ASUS eee pc 1015bx) entah kenapa tiba-tiba keyboardnya mengalami trouble. Tombol panah kanan, kiri, atas, bawah bila dipencet efeknya tidak yang seharusnya. Justru efek yang muncul adalah perintah delete.
Sehingga saat ngetik kemudian ingin pindah baris justru malah men-delete semua teks yang telah diketik. Berabe kan...
Akhirnya si netbook saya bawa ke tukang servis (maaf, klo ke servis center mahal booo ^^).
Di sana ternyata setelah rawat inap 1 hari si tukang servis juga tidak menemukan sumber massalahnya. Akan tetapi saat itu (setelah dibongkar oleh tukang servis) kondisi laptop kembali normal. Keyboard normal.
Meskipun saat saya tanya rusaknya di mana, dia juga tidak bisa njawab. Yang penting jadi normal katanya.

Digelontorkanlah biaya servis Rp 50.000,-

Beberapa hari berlalu kemudian, kejadian berulang kembali. Tombol delete klo dipencet tidak memberi efek apa-apa alias mati. Tapi entah di mana salahnya, pas ngetik atau pas nge-klik mouse tiba tiba muncul perintah delete. Dan kadang touchpad tidak merespon ketukan (klik).
Kembalilah mumet kepalaku.

Akhirnya saya googling aja dan yeaa.....nemu solusinya.
Sepertinya, di dalam MB netbook ada kapasitor/media penyimpan tenaga/listrik selain baterai dan colokan adaptor. Media penyimpanan ini akan tetap menyimpan power pada saat laptop hibernate/sleep saat laptop ditutup layarnya. Dan mungkin simpanan setrum tadi akan mempengaruhi signal listrik yag dikirim keyboard saat sebuah tombol dipencet.

Jadi solusinya adalah:
1. Copot semua sumber tenaga pada laptop. Adaptor, baterai, semua lepaskan.
2. Dalam kondisi mati/tanpa power tersebut, pencet tombol power (tombol untuk menghidupkan laptop) beberapa saat (sekitar 10-20 detik rasanya cukup).
3. Pasang lagi sumber power (baterai atau adaptor), dan nyalakan laptop.
4. Yeaa...laptop kembali normal. Keyboard & touchpad beraksi normal.


Dan selamat, masalah tentang laptop anda telah selesai.


** Bila masih belum berhasil, trik selanjutnya adalah:
Saat laptop sedang proses booting pencet tombol Esc + Delete bersamaan sampai keluar menu bios. Dari pengalaman, dengan cara ini keyboard saya jadi normal lagi.

73 comments:

  1. Maaf. Problem kembali lagi. Tombol panah kanan tidak berfungsi, & beberapa kombinasi dengan Shift. Masih mencari solusinya.

    ReplyDelete
  2. Anonymous5/6/13 15:17

    sama kaya atas keyboard saya tombol arah kiri ga respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pernah mencoba memperbaikinya? klo pernah berhasil bagi infonya ya

      Delete
    2. bro cara nye gimane laptop asus ngadak ngadak kaya gitu shard don.vicyh

      Delete
    3. mas tombol kiri kanan engga jalan cara nye gimana

      Delete
  3. Anonymous24/6/13 21:19

    maaf netbook asus saya ko sering mati tiba-tiba ya, padahal tidak sya taruh dimeja kipas nyala dan tidak berdebu, gimana ini solusinyaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali bisa dicoba dipake aktivitas tanpa dipasang baterynya. Pake adaptor aja. Jika masih terjadi hal tersebut (tiba2 mati) ada kemungkinan softwarenya yg trouble. Tapi kalau baik-baik saja, berarti baterynya yg trouble.

      Note: Bila OS-nya Windows 8 trial yg sdh habis masa license-nya, memang komputer diseting mati sendiri setelah dipake beberapa jam. Proses auto-shutdown ini memang sdh diseting dari microsoftnya.

      Delete
    2. Laptop mati tiba2 ini kemungkinan besar karena terlalu panas (Hardware Overheat) sehingga sensor panas pada motherboard memutuskan tegangan listrik untuk mengamankan perangkat keras lain yang tidak tahan panas.

      Ini terjadi karena sistem pendingin tidak berjalan normal, atau Kipas anda tertutup oleh debu yang menumpuk sehingga menjadi seperti kapas menutupi celah ventilasi kipas dan panas tidak bisa keluar.

      Solusinya, bersihkan kipas dengan cara membongkar motherboard. Hal ini tidak mudah untuk pengguna awam. Coba cari di google "Laptop (Merk dan Versi laptop anda) Dissasembly". Maka akan muncul beberapa petunjuk tentang cara bongkar pasang laptop. Lebih mudah lagi kalo anda cari di youtube sehingga ada petunjuk visual untuk langkah2nya untuk menghindari kesalahan yang bisa berakibat fatal.

      Hal ini wajar terjadi pada laptop yang sering digunakan dalam kurun waktu 1 tahun penggunaan. Punya saya juga setiap tahun minta dibersihkan kipasnya. Karena itu saya bisa share disini :)

      Semoga bermanfaat,
      Handoko.

      Delete
    3. Maaf mas lautan dollar , saya sudah melakukan apa yg anda sarankan , tetapi tetap mati terus , kira2 kurun waktu 45 menit mati sendiri, tiap kali jalankan banyak program jg sering mati, solusinya gmn ya . Terimakasih.

      Delete
  4. Anonymous24/7/13 22:57

    maaf sebelumnya netbook asus saya trackped sama keyboard kadang bisa kadang tidak.
    mohon solusi nya maz

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dicoba install ulang windowsnya?

      Delete
  5. hooo... itu karna korslet toh
    asus ku jg lagi bermasalah, kemaren nge delete terus, sekarang tombol kanan nya yang kayak tertekan terus, kucoba dulu deh solusi di atas, mudah2an ga nambah problem lg. Thanks

    ReplyDelete
  6. Anonymous5/8/13 01:15

    berarti kualitas ASUS perlu dipertanyakan broo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin iya, perlu direvisi aspek kualitasnya

      Delete
  7. Dan akhirnya saya sendiri menyerah untuk melakuka servis. Ujung-ujungnya saya ganti itu keyboardnya.
    Waktu saya tanya ke tukang servis/toko sparepart laptop, untuk ganti keyboard dibandrol 350ribu (ini di jogja).
    Dan ternyata harganya di toko online (toko di glodok) cuma 175 ribu.
    Saya pesen deh, 175 rbu + ongkos kirim JNE 14 ribu. Dipasang sendiri.
    Dan taraa......laptop saya sudah normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tri punya saya masalahnya sama..saya juga dtawarin 400rb..tuh mas tri beli toko mane

      Delete
    2. saya belinya di voltapro.com. bayarnya transfer atm.

      Delete
    3. Anonymous26/4/16 06:47

      sama kyk masalah saya sekarang mas,, yg tombol delete g fungsi (padahal bisa ditekan normal) dan klo buka folder pasti ada konfirmasi deletenya,,
      klo masi dalam masa garansi bayar g ya buat ganti keyboard?

      Delete
  8. Asus eepc saya rusak pada area segitiga 1,q,a,z,x,d,r,5,4,3,2, setelah saya bawa ke sevis center suruh nunggu lbih dari 2 minggu untuk diperbaiki. tapa yang amat menyakitkan eepc saya dituduh kemasukan air, padahal selama pemakaian tak pernah bersinggungan dengan air, selain itu monitornya juga dah banyak bercaknya. sekarang saya apkir karena chargernya ikutan modar.......................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tepatnya bukan "kemasukan air" pak, tapi sekadar keyboardnya lembab. Setahu saya memang keyboard itu terdiri 3 lapis. Tombolnya, lapisan plastik (tempat nempelnya karet tombol), dan lapisan konduktor.
      Kalau keyboar lembab, antara lapisan plastik dan konduktor katanya suka lengket, jadi kesannya tombol terpencet terus.
      (ini yg saya tahu dari bbrp kali lihat video servis keyboard di youtube).
      Lebih baik diganti aja pak keyboardnya, saya dulu pesan di voltapro.com (harga keyboard cuma 175ribu + ongkos kirim 14ribu)

      Delete
  9. klo tombolnya mati semua kira2 knpa yua

    ReplyDelete
  10. klo mati semua mungkin kabel konektornya yg putus

    ReplyDelete
  11. Anonymous25/9/13 05:28

    Barusan liat voltapro.com

    Oke lah,
    Langsung pesan.

    ReplyDelete
  12. mas, gimana cara ngelepas masang keyboard nya ke housingnya itu? saya beli replacement keyboard tapi ga ada housingnya ternyata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Housingnya pakai housing keyboard yg lama. Itu keyboard lama bisa dipisahkan antara keyboad dengan housingnya. Ada semacam kancing kecil-kecil yg jumlahnya banyak di permukaan bawah keyboad. Pakai aja obeng (+) kecil untuk menekan masuk "kancing" tersebut satu per satu

      Delete
  13. mas mau tanya.. kalo eeepc 1015bx ane dittup layarnya(closing lid) tapi kenapa komputernya tidak sleep.. padahal pengaturan di battery power pada saat closing lid sudah diatur sleep semua..

    mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat layar ditutup tdk bisa sleep pada hemat saya sebabnya bs macem2. Mungkin karena windowsnya yg trouble, mungkin juga saklar/switch di daerah engsel layar yg rusak.
      Silakan dicoba dulu aja, pengaturan battery powernya diubah menjadi --> hibernate atau shutdown saat close lid. Bila berfungsi, berarti saklarnya masih normal. Yg trouble windowsnya.

      Atau bisa juga karena keyboardnya yg rusak (seperti yg pernah saya alami). Ngeceknya, coba pencet Fn + F1. Bila komputer sleep kemudian tiba-tiba nyala (lagi) dengan sendirinya berarti ada salah satu tombol keyboard yg seolah2 mencet terus. Saran saya, diganti keyboardnya.

      Delete
    2. oke makasih.. masalahnya sebelum saya instal ulang laptop saya normal saja ditutup layarnya juga langsung sleep.. tapi setelah saya install pake windows 7 professional maslah mulai muncul

      Delete
  14. gan ini notebook saya tombol keyboard mati smua (gak respon), solusi di atas dah di coba tpi blum bisa juga, mohon pencerahannya

    asus flare series

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dilihat di Device manager nya mas. Keyboardnya terdeteksi tidak. Kalo masih terdeteksi, coba direstart laptopnya terus, masuk ke DOS (pencet F8 saat proses booting, pilih safe mode with command line). Klo keyboardnya berfungsi baik (alias bisa melalui semua proses tadi) berarti windowsnya yg trouble. Klo keyboard tdk berfungsi juga, chip di keyboardnya yg rusak mungkin.

      Delete
  15. Mas, mau tanya tombol keyboard laptop saya tidak berfungsi semua, mungkin saya salah pencet saat memainkan laptop saya, cara memperbaikinya bagaimana yak?, bisa bantu ga mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terakhir kali (saat trouble mulai dirasakan) laptopnya kena apa ya? atau diapakan?

      Delete
  16. Anonymous17/6/14 12:17

    Laptop saya tombolnya lepas seperti patah, gmana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo hanya sebatas lepas, bisa dipasang lagi mas/mbak.
      Barangkali bsa dilihat video cara pasangnya di sini http://www.youtube.com/watch?v=wL3_FIK1hZQ

      Delete
  17. Anonymous27/6/14 01:33

    mau tanya..tombol kanan kiri dilaptop asus saya mati..itu kenapa ya?? solusinya gimana? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibawa ke tukang servis dulu aja pak. Klo tukang servis sudah menyerah/menyarankan ganti keyboard, mending diganti sendiri saja.
      Harganya biasanya bisa lebih miring

      Delete
  18. mas tri ko ni notebook suka cepet pans yaa padahal sudah pakai kipas pendingin udah gitu kalo udah pans suka ngeheng (ga bisa diapa-apain) itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptopnya apa ya pak? Klo laptop dengan prosesor AMD memang relatif lebih cepat panas daripada yg Intel Atom dkk.
      Saran saya coba masuk ke task manager (klik kanan panel bar -> task manager), trus pada daftar running service dicari yg persen processor usage paling gede.
      Biasanya laptop cepat panas karena ada running-service yg memacu prosesor secara terus menerus.
      Coba di kill service yg gede tersebut.
      Smg membantu.

      Delete
  19. Anonymous1/8/14 09:30

    mas notebook asus eee pc adik saya kalo mau booting ke windows harus tekan dulu F2 beberapa kali itu kenapa ya?dan masuk biosnya susah juga harus di pancing pake dvd portable mungkin mas punya solusi dgn notebook adik saya

    ReplyDelete
  20. Mas laptopku ASUS A43E. keyboard ngdelete sendiri, kalo udah kesel, ku pukul malah betul sendiri. Aku tanya ke tempat servis, disuruh ganti ke 300rb :( Aku engen ganti sendiri kaya Mas, tapi gatau caranya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali bisa lihat di video ini untuk referensi. http://www.youtube.com/watch?v=1vRglqfQjyE

      Delete
  21. asus ane tidak ada fannya kang. asus Eee PCseaShellseries

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya kah?
      Setahu saya semua laptop & PC mau yg jadul ato yg baru mesti ada kipasnya. Kalo gak ada bakal panas banget tuh processornya.

      Delete
  22. .gan maaf numpang tnya kok notebook acer ane tombol pgdownny suka pencet sendiri dn itu kayak d tekan terusan, tolong bantu gan, kalo ke service kn pasti dsruh ganti keyboard...
    .makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali kasusnya sama dengan keyboard saya, solusi terakhir saya tetap ganti keyboard mbak. Tapi lebih irit bila penggantiannya dilakukan sendiri. Barangkali bisa lihat di video ini untuk referensi. http://www.youtube.com/watch?v=1vRglqfQjyE

      Delete
  23. Asus Notebook Eee PC series apapun emang begitu penyakitnya Gans..
    Kalo ane ga bisa booting dan tombol nya nganeh.., solusinya:

    1. Siapkan booting drive pake fd (pake aplikasi wintoflash aja gampang), trus hidupkan notebook tekan esc sampe keluar menu pilihan booting..

    2. pilih booting drive flashdisknya..

    3. kalau sudah masuk tinggal dipilih aja mau di install ulang atau repair..
    ikuti aja instruksi selanjutnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sharingnya mas/mba

      Delete
  24. Knp ya kl asus eepc mw dinyalain ga mw muncul windowsnya?, muncul perintah tekan F2 terus, suruh setting bios tp ane ga ngerti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau muncul perintah untuk setting bios biasanya karena setingan jam di biosnya selalu reset. Biasanya disebabkan karena baterai cmos nya sdh habis.

      Delete
  25. Anonymous4/1/15 09:43

    Netbook Asus memang jelek. 4 bulan setelah beli keyboardnya banyak yang tidak berfungsi tombolnya. Makin lama akhirnya seluruh tombol tidak berfungsi. Akhirnya dibawa ke servis centre katanya ganti keyboard 400 rb. Penyebabnya katannya keyboard bekas terkena air. Heran padahal itu netbook tidak pernah kena air (di dalam rumah terus). Ya sudah akhirnya ganti keyboard. Setelah 4 bulan lagi-lagi keyboard tidak berfungsi. Masak sih kena air lagi? Padahal ni netbook gak pernah keluar rumah. Akhirnya terpaksa aku kandangkan tuh netbook padahal juga jarang-jarang dipakai. Juelek deh netbook Asus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru beli 4bulan kan msh garansi, qo diminta bayar byk.. wahhh

      Delete
    2. Anonymous21/3/15 20:16

      Ketahuan bohong banget, kalo masih 4 bulan ya masih garansi, ASUS garansi 1 tahun bahkan ada yg sampai 2 tahun.
      Netbook ASUS 1215B dari tahun Desember 2011 sampai sekarang Maret 2015 masih berfungsi lancar, ane hanya bersihkan isi dalam netbook dari debu setahun sekali dan ganti pasta prosesor pakai Artic Cooling MX4.

      Hanya batere yg sudah soak, baru ane mau beli gantinya eh ane dapat hibah netbook 1015BX yg baterenya sama dan seperti baru baterenya.
      ya beruntung deh. :D

      Delete
  26. OH... ky nya penyakit asus ni sama ya...
    Netbook asus saya yg sama persis dgn gambar di atas, juga mengalami mslh yg sama.
    Hahaha .. klo udah gini, malahan ga bs ngeprint krn tab yg isinya opsi printernya kosong..
    ini sdh bertahun2 trjd, dan tdk bs diperbaiki (menurut saya). Hanya bisa diantisipasi atau ditanggulangi sementara.
    Asumsi saya, laptopnya ga bs dipakai terlalu lama atau terlalu panas.
    Jd klo dah begitu, terpaksa dimatikan dulu. Atau dikipas2. Haha :D

    Sabar yah yg pakai asus... :D

    ReplyDelete
  27. Anonymous8/5/15 12:29

    kalo netbook asus sya kena air :(,gak nyala2.ada cra sndri buat perbaikinya gak ya? :( mhon bntuan nya.

    ReplyDelete
  28. permisi agan2, mau tanya ni.
    beberapa hari ini lepiq lagi bermasalah. ketika aq klik / double klik progam, file, atau dokumen selalu muncul perintah delete. hal ini tentu sangat mengganggu, karena itu terus menerus dan di cancel selalu tidak bisa. kadang harus restart dulu biar perintah itu ilang, tp setelah hidup kembali dan aku klik / double klik lagi perintah itu akan muncul kembali.
    mohon solusinya gmna gan..
    thanks...

    ReplyDelete
  29. Anonymous17/9/15 10:39

    netbook ane.. notebook asus x101h,
    entah apa penyebabnya tiba tiba dia matot.

    kondisi sekarang :
    kalau di nyalakan lampu power + indikator wi-fi yang nyala, tidak ada proses apa apa, tidak masuk bios atau booting.

    tolong bantuan pencerahannya

    ReplyDelete
  30. kalau tombol power nya gak bisa di tekan , terus laptop lagi di shutdown. bagaimana cara menghidupkan lagi ?

    ReplyDelete
  31. Saya boleh nanya gak. Ini kenapa ya notebook asus saya begini amat. Kalo dpas dipencet turn on lampunya nyala tanda batrai semuanya nyala, tapi layarnya gak nyala. Kemarin sempet diservice tapi skr gini lagi. Masalahnya juga gini lagi. Kenapa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah lampu indikator aktivitas hardisknya kedip2?
      Klo iya brarti monitornya yg brmasalah

      Delete
    2. Iya kan dideket mouse yg di keyboardnya itu ada 5 lampu gitu, gambar pertama yg dr sebelah kiri gambar lampu bohlam gitu, yg kedua gbar baterai, trus yg tengah kaya gambar gelas gitu atau tabunglah, trus yg ke empat gambar sinyal gitu, trus yg trkhr gambar gembok gitu.
      Nah kmrn kalo dinyalain yang nyala lampunya cuman yg pertama sama yg terakhir yang gmbr lampu bohlam sama gembok. Nah kalo dulu sebelum notebook saya rusak harusnya lampu yg tengah nyala gak kedip kedip tapi ini hbs di service kedap kedip sih iya. Sebelum di service juga bahkan sampe gak nyala yg lampu tengahnya yg gambar gelas atau tabung itu .
      Sebenernya ini kadang bisa nyala kadang enggak. Dulu juga gitu permasalahannya. Layarnya kadang hidup kadang enggak.
      Solusinya gimana ya, di service lg apa gitu?. Tolong blsnnya, trmksh banyak ya..

      Delete
    3. Iya ada 5 lampu indikator. Yg kedap kedip yang tengah doang , kalo saya nyalain turn on nya. Kalo yg tengah itu gak nyala, yaudah layarnya gak nyala. Kalo lampunya nyala , yah nyala layarnya. Sebelum diservice bulan lalu ini masalahnya juga gini.
      Kalo monitornya bermasalah itu brrti harus diapain? Diservice lagi ya? Mhon blsnya, trmksh banyak...

      Delete
  32. Kaka tri aku mau nanya, nb asus aku tombol delete nya bermasalah, kalo lagi ngetik trus pencet delete tiba2 langsung ada tampilan buat ngesave dan itu terus2san jadi bikin kesel. Minta infonya ya kak

    ReplyDelete
  33. Klo aku promblemnya dikeyboard delete, tiap ngetik salah trus pencet delete yg keluar malah perintah save, dan itu terus2san muncul. Gimana ya cara benerinnya kak?

    ReplyDelete
  34. Mas kalo udah muncul menu biosnya diapain?

    ReplyDelete
  35. Mau tanya mas, kalau misalnya aku menekan keyboard sembarang, kok tiba2 mati laptopnya ya
    ? Aku hidupin lagi, aku tekan tombol keyboardnya, mati lagi.
    Kira2 penyebabnya apa yaa.? Tks mas

    ReplyDelete
  36. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELL TIKET aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    ReplyDelete
  37. Mau nanya dong mas, kalo keyboard tidak berfungsi itu kenapa ya ? Hanya beberapa tombol keyboard yg bisa, sudah di install ulang tapi tetep gak bisa berfungsi semuanya, itu kenapa ya mas ? Apa hardware nya ? Atau bagaimana ya mas ? Mohon pencerahannya mas. Terima kasih 🙏

    ReplyDelete
  38. iya mas saya aat ii lagi ngalami hal yang sama dengan artikel diatas, dan sekarang sedang mencobnanya, semoga bermanfat ya mas..

    ReplyDelete
  39. Mau tanya dong .. Saya sdh beli keyboard eepc 1015b, ternyata netbook saya modelnya 1015cx. Compatible ga ya?? Tq

    ReplyDelete
  40. Mau tanya dong .. Saya sdh beli keyboard eepc 1015b, ternyata netbook saya modelnya 1015cx. Compatible ga ya?? Tq

    ReplyDelete
  41. Anonymous9/9/19 09:25

    ya saya juga mengalami hal yang sama, namun saya haya pada bagian hurup2 tertentu aja, misalnya z,h,j, navigasi dan beberapa yang lainn, udah beli keyboard baru ternyata masih saja belum noral semua, cuman yang mati beda hurup lagi. udah mumet mau beli keyboard lagi takut tetep

    ReplyDelete
  42. Mau tanya mas . Kalo keyboaurd sama touchpad y ga fungsi itu gmna ya cra prbaikin nya . Saya coba buka systm bios nya tp di menu main nya ga ada pengaturan mouse atau apapun hnya date and time aja

    ReplyDelete