12.11.12

Aplikasi simulasi untuk pembelajaran di sekolah

Beberapa waktu lalu istri saya mengikuti sebuah pelatihan yang diadakan oleh dinas pendidikan. Isi pelatihan itu pada intinya adalah workshop membuat media pembelajaran untuk pendidikan dasar (SD/SMP). Saat itu software yang digunakan adalah Lectora versi trial.

Selepas dari pelatihan, para guru diminta membuat media pembelejaran sesuai kreasinya dan diupload ke sebuah website dengan harapan bisa berbagi dengan yang lain.

Jauh lama sebelumnya, saya pernah bekerja di sebuah perusahaan multimedia yang memproduksi CD pembelajaran untuk berbagai level pendidikan. Saat itu, dalam pembuatannya, tidak 100% murni ide pribadi.Akan tetapi kita menerapkan prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi).

Ada beberapa website yang kadang kita jadikan pancingan ide. Di antaranya adalah website miliknya universitas Colorado yang diberi nama Phet.


Di website ini, bisa anad temukan berbagai aplikasi simulasi untuk menerangkan konsep pelajaran. Mulai dari level dasar, sampai universitas.
Mulai dari pelajaran biologi, matematika, fisika, kimia.
Alamat website tersebut adalah: http://phet.colorado.edu
Untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut, anda harus menginstall aplikasi Java Runtime Environment (JRE) yang bisa anda download di sini.

Selamat mencoba!

1 comment:

  1. nice info...jadi menambah wawasan utk membuat media pembelajaran
    thanks for share

    PSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    ReplyDelete